09 Desember 2009

DAUR ULANG - PELATIHAN


Pada tanggal 29 Nopember 2009, bekerja sama dengan Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia, yang berkantor pusat di Jl. Tebet Barat Dalam V/26, Jakarta Selatan, Garasi Baca d'books mengadakan sharing Ilmu ttg Global Climate Change dan Daur Ulang.


Ket. gambar : Penyerahan Souvenir dari Ibu Yanti (kanan, dari Garasi Baca)
kepada Ibu Susan (kiri, perwakilan YKAI)

Bertempat di Kantor kelurahan Kalibaru, Cilincing, Ibu-ibu PKK setempat yang merupakan binaan dari YKAI, sangat antusias mengikuti acara ini.


ket. gambar : Ibu Susan (YKAI) memberikan sambutan

Acara dimulai pukul 9.30 dan dibuka oleh Panitia dari YKAI, yaitu Ibu Ifa, Ibu Susan, Ibu Ade dan mas Ronny, dengan disambung oleh Ibu Wanti selaku wakil Ketua PKK setempat.

Acara sharing ilmu, di mulai dengan presentasi yang dilakukan oleh Ibu Tri Yunia Metya ST dari CCC (Climate Change Center) yang berisi antara lain : Pengetahuan ttg Global Warming, Efek Rumah Kaca, Pentingnya 3 R (Reduce, Reuse dan Recycle), serta Pembuatan Kompos yg sebelumnya telah dilakukan manajemen pemisahan sampah sejak awal.


ket. gambar : Tri Yunia Metya ST dari CCC

Meski penjelasan bersifat agak2 ilmiah, tapi dengan kecakapan dan kamahiran presentasi dari Ibu Tri Yunia M ST yang merupakan Insiyur lulusan dari ITB, maka alhamdulillah seluruh peserta bisa memahami penjelasan presentator.

Acara berikutnya dilanjutkan dengan pelatihan daur ulang dari bungkus kemasan kopi, minuman ringan dan sejenisnya untuk dibuat tempat pinsil. Sengaja kami memberikan bentuk yng sederhana, agar semua peserta bisa dengan mudah menguasai teknik dasar dan pada akhir pelatihan, setiap peserta bisa membawa produk jadinya ke rumah.


ket.gambar : peserta pelatihan berfoto bersama ibu pengajar ;-)

Apabila peserta sudah menguasai teknik dasarnya, maka diharapkan dengan kreatifitas masing-masing peserta, maka bentuk yang akan dibuat bisa bermacam2, seperti tas tangan, tas laptop, dompet, dll. Dengan dipandu oleh tim lengkap dari Garasi Baca maka acara pelatihan daur ulang selesai dilakukan pada jam 15.00


ket. gambar : TEMPAT PINSIL ; produk akhir, setengah jadi, sepertiga jadi dst :-D

Tidak ada komentar: