05 April 2009

DAUR ULANG - KALENG BEKAS



Setelah manggung di tv tentang daur ulang…. Tampaknya aktifitas Garasi Baca banyak berkaitan dengan daur ulang juga.…

Tgl 5 Maret ada 4 orang perwakilan dari kompleks Perumahan Taman Permata Cikunir datang meluangkan waktu untuk belajar daur ulang… Peserta dipimpin oleh Bu Eni. Dengan bersemangat ibu-ibu belajar tentang ilmu meronce kemasan kopi dll.

Pada bulan Maret ini pula kita mengunjungi Islamic Book Fair yang dilaksanakan di Istora Senayan…. Lumayanlah untuk mengisi koleksi bacaan di Garasi Baca.

Sewaktu mengisi acara di DAAI TV, pengisi acara selanjutnya pada saat shooting, ternyata materinya adalah daur ulang juga, yaitu melukis kaleng bekas.

Untuk mengisi liburan tanggal merah di bulan Maret inilah, anak-anak mempraktekan ilmu daur ulang mewarna kaleng bekas.


Praktek mewarnai ini dimulai dengan berburu kaleng bekas. Alhamdulillah ternyata beberapa tetangga memberikan kaleng-kaleng susu yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan eksperimen oleh anak-anak.

Pemilihan cat juga harus dilakukan dengan tepat, karena tidak semua jenis cat bisa menempel kering di permukaan kaleng.


Cat yang sangat cocok untuk mewarnai kaleng-kaleng bekas ini adalah jenis Akrilik yang harganya cukup mahal, sehingga agar tidak berceceran dan boros anak-anak harus dibantu oleh ibunya dalam melakukan penuangan dan pencampuran cat ;)

Kaleng harus diberi cat dasar terlebih dahulu dengan warna putih secara merata, setelah itu anak-anak bebas berkreasi menggambar dengan bermacam-macam warna.

SILAHKAN MENCOBA

2 komentar:

Anonim mengatakan...

aq mau bikin dech di rmh n trus aq tunjukin k sobat q

CakeQita mengatakan...

cat untuk dasarnya juga dr jenis akrilik bu?kemudian setelah itu dijemur dibawah sinar matahari langsung atau cukup diangin-anginkan?
matur nuwun.