24 Juni 2008

MEMBACA MEMBAWA BANYAK MANFAAT

Awal minggu yang melegakan tapi juga menegangkan….Melegakan karena hasil UAN SMP sudah keluar dan hasilnya sangat alhamdulillah …. Hasil raport pun sudah ditangan dan hasilnya juga alhamdulillah… dan tenyata banyaknya buku di rumah, dan banyaknya waktu anak yang diluangkan untuk membaca tidak menjadikan prestasi anak-anak terganggu.

Menegangkan pula karena untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi ternyata butuh ekstra perhatian dengan adanya rencana lintas rayon.

Batas kuota 5 % harus benar-benar diperhatikan agar rencana tidak berantakan, dan tentu saja nilai UAN yang baik akan sangat menentukan.

Terkait dengan MEMBACA MEMBAWA BANYAK MANFAAT, saya kutip artikel dari Bee Magazine :

Apa yang membuat Thomas Alva Edison menjadi cerdas? Salah satu yang membuatnya cerdas dan berhasil menciptakan beberapa penemuan adalah kegemarannya membaca buku sejak kecil… Buku adalah jendela dunia. Buku dapat mengakses kita ke pengetahuan yang belum diketahui sebelumnya.

Pakar pendidikan Dr. Arief Rahman menyampaikan bahwa minat baca merupakan hasil pembiasaan setiap hari. Berikan pada anak stimulus yang disesuaikan dengan usia. Misalnya diawali dengan mumberikan gambar gambar menarik, kemudian disertai dengan stimulus pembacaan cerita yang menarik, benar dan konsisten.

GAMBAR adalah menjadi sangat penting karena proses awal anak mengenal sesuatu adalah dengan cara melihat. Untuk memperoleh manfaat membaca buku, anak tidak harus menunggu sampai ia bisa membaca sendiri. Biasakan membacakan buku pada anak balita anda sejak awal.

Tidak ada komentar: