04 Desember 2011

Persiapan rencana pembuatan buku Daur Ulang

Bulan lalu saya di hubungi oleh mbak Arie..... dia bekerja di sebuah kantor penerbit buku di Jakarta... khusus menangani ketrampilan.... :) Mbak Arie menawarkan pada saya untuk membukukan kreasi-kreasi daur ulang yang sudah tim Garasi Baca hasilkan. Terus terang, kreasi daur ulang yang tim Garasi Baca hasulkan bukanlah murni hasil kreasi pribadi... mungkin dari BENTUK kreasi daur ulangnya adalah hasil imajinasi pribadi .. tetapi kalau dari TEHNIK pemanfaatan bahan daur ulang nya, semua orang mungkin bisa mengklaim sebagai PEMILIK.... apalagi buku kreasi daur ulang di toko2 bukupun sudah banyak..... :) Karena pertimbangan itu tadinya saya ragu untuk menerima tawaran ini.. Ada ketakutan dalam diri bahwa saya dituding sebagai penjiplak kreasi orang, karena tidak semua tehnik mendaur ulang adalah ciptaan tim Garasi Baca. Tetapi mbak Arie meyakinkan bahwa proses nya akan sangat panjang dan akan sangat mempertimbangkan banyak hal terkait dengan hak patent............ :)


Dengan selalu mengedepankan semangat berbagi.... bismillah.... saya mulai mempersiapkan dan berdiskusi dengan mbak Arie untuk mewujudkan penulisan buku ketrampilan dengan tema daur ulang.... Selain keinginan untuk berbagi... ada terselip banyak harapan bahwa buku ini bisa menjadi kenang2an untuk diri pribadi dan tim Garasi Baca... insyaAllah. Selain itu saya persembahkan buku ini pun sebagai ungkapan terimakasih kepada teman2( spt bu Vonny, bu Enny, omma Aloha, bu Dewi... dan banyak lagi) yang pernah memberikan ilmu daur ulang nya ... semoga kelak ilmu yang telah diberikan pada saya dengan adanya buku ini ilmunya bisa lebih bermanfaat untuk lebih banyak orang... aamiin.


Mulai lah saya menyusun materi barang daur ulang yang akan di tampilkan... tentu saja saya membutuhkan yang namanya photographer sebagi juru potret untuk keperluan isi materi buku... alhamdulillah banget mas Arief ( suami saya) memberi dukungan penuh untuk hal ini... dengan mengajak rekan kerja memotret (yang juga rekan kantornya) yaitu kang Dedi ... mereka bekerja tanpa lelah untuk mempersiapakan tampilan photo2 yang bagus sehingga bisa memperjelas proses pembuatan produk daur ulang.... Terimakasih ya Mas n Akang... di sela hari libur kerja masih mau bersusah payah membantu ..... :)


Proses penyusunan buku ini memang masih lumayan panjang........... :) tetapi saya menikmati hal ini sebagai proses yang menyenangkan.... walaupun di sela2 persiapan tidak terhindari perdebatan - perdebatan kecil semoga itu menjadi "bumbu penyedap" yang kelak akan membuat buku ini bisa menjadi lebih OKE buat semua..... insyaAllah aamiin.

Tidak ada komentar: