20 Desember 2010

Kunjungan dan Sharing Ilmu di Taman Baca Warabal

Rencana yang tertunda........ :)

Betul... kegiatan kunjungan ke Taman Baca Warabal yang terletak di Parung Bogor ini memang sudah sejak lama di agendakan. Mbak Yulia sebagai pihak pengundang Garasi Baca meminta kesediaan saya sejak bulan Oktober... berhubung kegiatan Oktober - November terkendala keperluan keluarga, saya dan mbak Yulia baru bisa mengklopkan waktu di tanggal 19 Desember kemarin.... alhamdulillah.









Dari hasil obrolan yang hanya lewat sms dan sesekali lewat ym, saya dan mbak Yulia banyak berkomunikasi tentang rencana kegiatan. Mulai dari info berapa orang anak yang akan dijadikan sasaran pelatihan daur ulang cihuy...... :) sampai rencana materi yang akan saya berikan.
InsyaAllah.... dengan saling percaya dan saling menghargai semua niatan baik selalu Allah mudahkan dalam pelaksanaannya Amiiin.......





Dengan sasaran anak usia kelas 3-6 SD, saya merencanakan untuk mengkhususkan materi daur ulang pada kertas koran saja. Dan dengan peserta yang diperkirakan sebanyak 30 orang anak, saya memutuskan untuk memberikan materi yang berbeda2 ... saya berharap lain waktu anak2 bisa berbagi ilmu dengan sesama teman2nya yang lain. Sehingga kreatifitas mereka pun semakin beragam.... InsyaAllah ... amiiin



Saya mempersiapkan materi berupa :
  1. Bubur kertas : Dimana anak2 di berikan penjelasan bagaimana caranya membuat bubur kertas, pencampuran bubur dengan lem kemudian mencetak nya sampai pada mewarnai boneka2 bubur kertas.

  2. Menggulung kertas koran : hampir semua anak diajarkan bagaimana caranya menggulung kertas koran dengan benar terlebih dahulu... Setelah mereka paham, barulah kami memberikan materi barang yang akan menjadi kreasi mereka yaitu berupa tempat pinsil bulat dan tempat pinsil susun.

  3. Membuat kreasi hiasan dinding 2 dimensi dengan Corn Clay. bahan dasar untuk alas tetap mempergunakan kanton2 bekas sementara hiasannya kami mempergunakan corn clay yang juga bisa diaplikasikan untuk menambah hiasan pada kreasi gulungan kertas koran.




Subhanallah.... saya dan tim sangat berkesan dengan apresiasi yang diberikan oleh anak2 dengan kreasi yang saya sampaikan. Mereka sangat antusias dan bersemangat ....:)) Sebagai imbalannya, di setiap kelompok kreasi saya mewakili Garasi Baca dan mbak Yulia sebagai pengundang menilai hasil karya yang di hasilkan anak2 dan yang paling bagus diantara yang bagus mendapatkan hadiah... mudah2an dengan hadiah yang diberikan membuat yang lain menjadi bersemangat untuk mencoba berkreasi lagi....





Semoga apa yang saya dan tim berikan buat anak2 di Taman Baca Warabal bisa bermanfaat baik untuk pribadi dan komunitas mereka..... Amiin

1 komentar:

Zahra mengatakan...

Sya SP-3 Lampung sdg memulai mbuka Taman Baca & Sentra belajar di Desa Kemalo Abung Kecamatan Abung Selatan Lampung Utara. Disana minat membaca dan belajar masih sangat minim. Dibukanya taman baca dan sentra belajar ini diharapkan mampu menumbuhkan kembali minat baca dan belajar para anak2, remaja, dan pemuda-pemudi di Desa tersebut....

Nmun buku dan fasilitas yang kami miliki masih sgt minim. Kami sgt mengharapkan bagi tmn2, saudara2 yang berminat membantu (*baik dalam bentuk buku, fasilitas, materi, atau apapun) yg dapat membantu terwujudnya taman baca tersebut agar bs menghubungi saya (sementara melalui email saya : evi.desiana@yahoo.com), sya akan mengirimkan informasi yg saudara2 jk perlukan. Terimakasih. Semoga warga desa yg kami bina ini bs turut melihat dunia dengan membaca,,,

Nb : sy jg memohon link2 lembaga/ Dinas terkait yg bs saya hubungi untuk dimintai bantuan agar Taman Baca ini bs terealisasi dg baik. Terimakasih